Pages

Rabu, 10 Mei 2017

Turtle Village


Matahari keemasan di kanvas langit yang biru gelap perlahan naik hingga menambah sensasi pinggir pantai yang luar biasa. Belasan orang bercengkrama dengan masing-masing seekor anakan penyu atau tukik di tangannya, yang perlahan melepaskannya terbawa arus balik ombak. Dan kamera dari berbagai macam merk pun bergantian mengabadikan peristiwa tersebut: pelepasan tukik ke alam bebas di Kampung Penyu.



Kampung Penyu (Turtle Village) yang dimaksud disini adalah tempat penangkaran telur penyu yang terletak di dusun Tulang, desa Barugaiya, kecamatan Bontomanai, kabupaten Kepulauan Selayar. 

Menurut informasi dari Ditjen Konservasi dan Pemerhati populasi penyu  Kepulauan Selayar, jenis penyu yang sering datang bertelur di kampung penyu ini yakni jenis Penyu Belimbing (Leatherback Turtle) yang sudah tergolong cukup langka di dunia. 

Dari Dinas Perikanan dan Kelautan membangunkan tempat penangkaran yang lebih permanen. Dinas Pariwisata Selayar membangun gazebo untuk tempat istirahat pengunjung. Jalanan menuju lokasi berjarak sekitar 100 meter dari jalan raya juga dibangun jalan beton.

Sumber pendanaan diperoleh dari pengunjung yang datang untuk melepas tukik, dengan tarif Rp50.000 untuk turis asing dan Rp25.000 bagi turis domestik, tapi masuk ke lokasi penangkaran gratis. Selain melepas tukik, karena letaknya yang berada di pesisir pantai wisatawan juga bias menikmati suasana pantai atau malah berkegiatan di pantai ini. Berenang serta berfoto adalah kegiatan popular disini.




0 komentar:

Posting Komentar

 

Catatan

Saya Memohon kepada para pengunjung untuk menghargai segala isi yang ada pada blog ini, kritik dan saran yang membangun tentunya saya harapkan juga demi kemajuan blog sederhana ini. Tak Lupa Saya mengucapkan terima kasih kepada para pengunjung Blog ini.