Pages

Rabu, 10 Mei 2017

Pulau Tinabo – Taman Nasional Takabonerate



Hembusan angin laut bertiup bercampur dengan panas matahari dan biru laut membuat mata tak bisa berpaling darinya. Pemandangan pasir putih dan karang atoll di jernihnya air laut sangat menggugah hati. Banyak yang mengatakan bahwa ini adalah surga tersembunyi yang ada di Taman Nasional Takabonerate. Pulau Tinabo sebagai pusat resort di Taman Nasional Takabonerate ini.

Pulau tinabo merupakan salah satu pulau yang ada di Kawasan Taman Laut Nasional Takabonerate Kabupaten Kepulauan Selayar. Destinasi wisata ini memang belum seramai destinasi wisata lain yang ada di Indonesia. Belum tersedianya transportasi umum dan lamanya perjalanan menuju lokasi menjadi salah satu alasan kenapa masih banyak wisatawan yang belum mengunjungi tempat ini. Tetapi itulah yang menjadikan Pulau ini dapat disebut sebagai surga yang tersembunyi, karena belum banyak wisatawan yang benar-benar menyaksikan dan menikmati keindahan Pulau ini. Untungnya saya telah memiliki kesempatan itu, menikmati keindahan pulau Tinabo dengan berbagai kegiatan yang bisa dilakukan seperti snorkeling, diving, dll.

Jika beruntung kita bisa mengikuti beberapa event yang ada apabila kita berkunjung pada sekitar bulan Oktober-November seperti kegiatan menanam pohon cemara pantai, melepas tukik, atau menyaksikan lomba kapal hias, dsb.


Perjalanan darat dari Kota Makassar menuju Pelabuhan Tanjung Bira Kab. Bulukumba sekitar 5 jam, bisa menggunakan travel atau naik mobil Bus yang sekaligus ikut menyeberang melalui Ferry menuju Kota Benteng, Kabupaten Kepulauan Selayar. Waktu tempuh perjalanan laut dan darat dari Pelabuhan pamatat selayar hingga sampai di kota 4 jam. Atau dari bandara Sultan hasanuddin Makassar menuju bandara H Aeropala Selayar sekitar 40 menit perjalan udara.

Selamat Datang di Kota Benteng Kepulauan selayar

Perjalanan laut dari pelabuhan Pamata menuju Pulau Tinabo sekitar 5 jam kalau ombak sedang bagus dan tenang dengan menggunakan kapal kayu (Jolloro) atau menggunakan speed boat dengan waktu tempuh sekitar 1.5-2 jam perjalanan.

Pulau Tinabo sudah kita pijaki. Perjalanannya memang cukup melelahkan dan menguras tenaga karena harus duduk berjam-jam selama perjalanan darat dan laut. Tetapi semua itu akan terbayar begitu menginjakan kaki di Pulau ini. Mari jelajahi Indonesia, jelajahi keindahan dan keanekaragaman budayanya.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Catatan

Saya Memohon kepada para pengunjung untuk menghargai segala isi yang ada pada blog ini, kritik dan saran yang membangun tentunya saya harapkan juga demi kemajuan blog sederhana ini. Tak Lupa Saya mengucapkan terima kasih kepada para pengunjung Blog ini.